JUDUL
Pembelajaran IPA SD/MI
PENULIS
Rini Nafsiati Astuti
UKURAN
B5 (17,6 cm x 25 cm)
KERTAS ISI
HVS 70 Gr (BW)
KERTAS COVER
AP 260 Gr (FC), Softcover, CGlossy
JUMLAH HALAMAN
112
ISBN
SINOPSIS
Pembelajaran mata kuliah pembelajaran IPA SD/MI di perguruan tinggi bertujuan untuk memahami hakikat IPA dan metode ilmiah, keterampilan proses sains (KPS), teori-teori belajar yang melandasai pembelajaran IPA di SD/MI, dan model pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) sehingga mahasiswa mampu memahami hakikat IPA dan pembelajarannya sebagai materi yang seutuhnya. Pada tiap akhir bab dilengkapi dengan rangkuman untuk menerangkan kembali konten materi yang telah dipelajari secara ringkas. Soal-soal evaluasi yang diberikan di akhir bab untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Buku ajar ini juga untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dosen dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Keunggulan buku ini adalah didukung oleh hasil-hasil penelitian terbaru, soal-soal evaluasi yang digunakan dalam bentuk pernyataan proargumen dan kontraargumen untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, buku ajar ini disusun mengacu pada kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).
BIO DATA PENULIS
Rini Nafsiati Astuti
Anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Muridun Widodo (alm.) dan Siti Fatimah. Penulis dilahirkan di Kediri, pada tanggal 31 Mei 1975. Menikah dengan Arief Darmawan dan dikarunia dua putra: Muhammad Fakrur Rizal (23 tahun) dan Muhammad Fathur Rohman (18 tahun). Domisili di Desa Gogorante, Kecamatan Ngasem, Kediri Jawa Timur.
Riwayat pendidikan dimulai dari jenjang SD, yaitu di SDN Bangsal IV Kediri (1982-1988); SMPN 5 Kediri (1988-1991); SMAN 2 Kediri (1991-1993). Pada tahun 1994, masuk Universitas Negeri Malang (UNM) dan menyelesaikan pendidikan sarjana (S1) Pendidikan Kimia tahun 1999. Pada tahun 2000, melanjutkan pendidikan dengan menempuh Magister Pendidikan Kimia di perguruan tinggi yang sama (UNM) dan diselesaikan tahun 2003. Pendidikan doktoral (S3) ditempuh di Universitas Negeri Surabaya dan diselesaikan dari tahun 2010-2018 pada program S3 Pendidikan Sains.
Tahun 2003-2010, mengajar di Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FSAINTEK) Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN MALIKI Malang). Tahun 2011-sekarang, mengajar di Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN MALIKI Malang. Penulis bertugas di S1 mengampu mata kuliah: Konsep Dasar IPA, IPA SD/MI 2, Makhluk Hidup dan Lingkungannya, Materi dan Energi, Pembelajaran IPA SD/MI, dan Praktik Keterampilan Mengajar (PKM). Pada jenjang S2, mengampu mata kuliah Pengembangan Materi dan Metodologi Pembelajaran IPA di SD/MI.